Pengaruh Media Buku Digital Tema Cuaca terhadap Literasi Sains Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Amanda Reza Oktavia Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhenti Dorlina Simatupang Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/36bp4a19

Keywords:

media pembelajaran, anak usia dini, sains

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media buku digital tema cuaca terhadap kemampuan literasi sains anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pre-eksperimental design tipe one group pretest posttest. Penelitian dilakukan pada lembaga RA Mansyaul Ulum Sukosongo dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak. Untuk menguji pengaruh media menggunakan uji paired sample t-test dengan hipotesis adanya pengaruh media buku digital tema cuaca terhadap kemampuan literasi sains anak usia 5-6 tahun. Hasil uji paired sample t test yang telah dilakukan mendapatkan nilai signifikansi <0,001. Nilai tersebut berada <0,05 yang artinya hipotesis dari penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media buku digital tema cuaca terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atikah, C., Asmawati, L., & Ekawati, R. (2023). Buku Digital Berbasis Fonetik Melalui Aplikasi Book Creator untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4813–424. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4951

Aviyanti, S. D., & Widiaty, I. (2021). Identifying effective e-books for effective digital learning. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/2/022115

Dahlia, Syam, U. K., & Junaid. (2021). The Impact Of Using E-Book And P-Book In Students’ reading Achievement. Journal of Language Testing and Assessment, 1(1), 7–14. https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jlta/article/view/173

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak Usia Dini. Jakad Publishing.

Juniawan, E. R., Salsabila, V. H., Prasetya, A. T., & Rengga, W. D. P. (2023). Studi Literatur : Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. 6(2), 82–94.

Kamila, S. S., & Sabir. (2021). Literasi Sains Berbasis Proyek Di Masa Pandemi Covid-19 (1st ed.).

Kampourakis, K. (2019). Science, Society, and Scientific Literacy. Science & Education, 603–604.

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan.

Lutfiputri, N. F. (2022). Kajian Perkembangan Industri Buku Cerita Anak Bergambar di Indonesia pada Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6271–6285. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3330

Mentari, D., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. 2(2), 131–134.

Oktaviana, R., & Nuraeni, E. (2023). The effectiveness of inquiry lesson-based digestive system materials for training students’ science literacy ability. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(2), 187–194.

Polak, Y. (2021). Project Gutenberg celebrates its 50th anniversary. IEEE History of Electrotechnology Conference (HISTELCON), 22–28. https://doi.org/10.1109/HISTELCON52394.2021.9787317

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.

Suryawati, E. A., & Akkas, M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Elemen Dasar-Dasar Literasi & STEAM Untuk Satuan PAUD. In Direktorat Pendidikan Dasar (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat.

Vorotnykova, I. (2019). Organizational , Psychological And Pedagogical Conditions For The Use Of E-Books And E-Textbooks At School. Turkish Online Journal of Distance Education, 20(3), 0–3.

Yuningsih, Y. (2019). Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21 Untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(1), 135–152.

Downloads

Published

18-06-2024

How to Cite

Pengaruh Media Buku Digital Tema Cuaca terhadap Literasi Sains Anak Usia 5-6 Tahun (A. R. Oktavia, K. R. Adhe, N. Khotimah, & N. D. Simatupang , Trans.). (2024). Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 21-28. https://doi.org/10.37985/36bp4a19

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.