Pengaruh Augmented Reality terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini

Authors

  • Dwi Via Maisyaroh Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhenti Dorlina Simatupang Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/rdscts44

Keywords:

augmented reality, recognize letters, early chilidhood

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Albata Islamic Montessori School Wiyung Kota Surabaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Augmented Reality terhadap kemampuan mengenal huruf pada  kelompok A. Jumlah sampel  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  adalah  sebanyak 11 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang digunakan yaitu pre experimental dengan one group pretest posttest design. Metode pengujian hipotesis yang digunakan yaitu Wilcoxon Macthed Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai menunjukkan hasil perolehan 0,011 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikan α 0.05, maka didapat diputuskan bahwa Hipotesis 0 (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga adanya  pengaruh  media Augmented Reality terhadap  kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Albata Islamic Montessori School Wiyung Kota Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhe, K. R., Suryanti, Wiryanto, Sukartiningsih, W., & Hendratno. (2023). Perkembangan Literasi dengan Pembelajaran Sentra Khusus TK B. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2528–2537. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4273

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 9924, 88–100. file:///C:/Users/HP/Downloads/70-Article Text-536-1-10-20191223.pdf

Ashari, N., Jalil, N., Mustafa, N. A., Nurhamna, Dasman, E. F., & Nurhaskin. (2023). Pengenalan Konsep Matematika dalam Permainan Monopoli Untuk Kelas B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 4(1), 1–12.

Aydoğdu, F., & Kelpšiene, M. (2021). Uses of Augmented Reality in Preschool Education. International Technology and Education Journal, 5(1), 11–20.

Azizah, N., Putri, S. U., & Adjie, N. (2020). STEAM berbantuan augmented reality untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun. In Research in Early Childhood Education and Parenting. https://www.researchgate.net/profile/Nur-Azizah-2/publication/351005849_EFEKTIVITAS_PENERAPAN_STEAM_BERBANTUAN_AUGMENTED_REALITY_UNTUK_MENGEMBANGKAN_KEMAMPUAN_BAHASA_PADA_ANAK_USIA_5-6_TAHUN/links/607ee8cd2fb9097c0cf89a86/EFEKTIVITAS-PENERAPAN-STEAM-BERBA

Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Materi Gerak. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2), 97–104. https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829

Fatimah, E. L., Yulianingsih, Y., & Syam’iyah. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini dengan Penggunaan Media Film Animasi “Nussa dan Rara.” In Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (pp. 74–83). Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.10

Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. In Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 5, Issue 1, pp. 36–49). State Islamic University of Raden Fatah Palembang. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan, 59–72.

Hassan, S. A., Rahim, T., & Shin, S. Y. (2022). ChildAR: an augmented reality-based interactive game for assisting children in their education. Universal Access in the Information Society, 21(2), 545–556. https://doi.org/10.1007/s10209-020-00790-z

Jaiswal, T., Amjad Ali Khan, Maheshwari, V., & Prakash, S. (2021). Review on augmented reality in education. Journal of Distance Education, 5, 27–40.

Kelpšienė, M. (2020). The Usage of Books Containing Augmented Reality Technology in Preschool Education. 138(2), 150–174. http://libezproxy.open.ac.uk/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ehh&AN=145420033&site=ehost-live&scope=site

Mahendra, M. K. I., Sindu, I. G. P., & ... (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Book 2 Dimensi Sub Tema Lingkungan Alam di PAUD Telkom Singaraja. KARMAPATI …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/30217

Simatupang, N. D., Widayati, S., & Adhe, K. R. (2023). Pelatihan Bercerita dengan Big Book dan Lagu untuk Meningkatkan Minat Berbahasa Anak Usia Dini. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6).

Syahrial, Arial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Wulandari, D. S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 157–168. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1292

Downloads

Published

18-06-2024

How to Cite

Pengaruh Augmented Reality terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini (D. V. Maisyaroh, K. R. Adhe, N. Khotimah, & N. D. Simatupang , Trans.). (2024). Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 29-36. https://doi.org/10.37985/rdscts44